5 HAL TENTANG HELM YANG JARANG DIKETAHUI BANYAK ORANG

5 HAL TENTANG HELM YANG JARANG DIKETAHUI BANYAK ORANG

Salah satu asesoris yang sangat menjaga keselamatan pengendara adalah Helm. Itulah mengapa Helm yang digunakan harus berStandar Nasional Indonesia yang artinya layak digunakan ketika berkendara. Selain memiliki umur pemakaian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak fakta unik berikut yang perlu kamu ketahui !

  1. Ada kadaluarsa.

Bukan hanya makanan saja yang memiliki kadaluarsanya loh, Helm yang tidak tergolong dalam makanan juga memiliki kadaluarsanya. Idealnya umur pemakaian helm berkisar antara 2 – 4 tahun saja. Apalagi jika seandainya helm yang digunakan sering jatuh terhempas semakin memperkecil umur pemakaian helm tersebut.

  1. Jauhkan dari tangki motor.

Apa hubungannya ? Ya, tak jarang kita sering melihat terutama motor-motor besar meletakkan helm mereka diatas tangki motor. Apakah memperkecil umur pemakaian helm ? Tentu saja, karena tangki bensi tersebut mengeluarkan uap bensin dan mengakibatkan bantalan helm menjadi cepat rusak.

  1. Lembaga Khusus

Lembaga khusus yang menilai kelayakan helm salah satunya bagi pembalap adalah snell foundation. Syarat utama salah satunya adalah memiliki ketebalan polystyrene mencapai 2.5cm yang berfungsi untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan.

  1. Susahnya syarat helm untuk MotoGP.

Setiap helm memiliki standarisasi yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kecelakaan yang terjadi. Semakin besar fatalnya kecelakaan maka semakin sulit juga standarisasi yang di tetapkan bagi kelayakan helm tersebut. Misalnya helm untuk MotoGP. Salah satu tesnya adalah dengan menembakkan peluru ditembakkan air gun kebagian pelindung wajah dengan kecepatan 500km/jam dengan maksud menguji kemampuan menahan sepihan batu atau kerikil ketika pembalap terjatuh tepat dibagian wajahnya.

  1. SNI dan DOT berbeda loh.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, SNI adalah Standar Nasional Indonesia dengan pengujian oleh Badan Standarisasi Nasional, Skalanya masih tingkat Indonesia berbeda dengan DOT adalah Department of Transportation dibawah naungan uji kelayakan produk oleh National Highway Traffic Safety Association. Proses pengujian yang dilakukan pun harus mendapatkan sertifikasi dahulu oleh 50 negara besar didunia.

whatsapp