Awas! Bahaya Gunakan Sabun Ini Untuk Motor Anda!

AWAS! BAHAYA GUNAKAN SABUN INI UNTUK MOTOR ANDA!

Setiap barang yang dimiliki tentunya harus dirawat dengan baik untuk menjaga barang keberlangsungan umur barang tersebut. Termasuk sepeda motor. Bukan hanya merawat mesin dalam sepeda motor namun juga merawat body sepeda motor. Tentu saja anda tidak ingin sepeda motor anda terlihat kotor dan sering kali anda tidak memiliki waktu luang untuk mencuci sepeda motor sehingga anda memutuskan untuk mencucinya sendiri dirumah dan dengan alat seadanya. Kebiasaan mencuci sendiri adalah dengan menggunakan sabun cuci piring atau sabun colek dan sejenisnya. Apakah berbahaya ? Simak artikel berikut.

  1. Sabun cuci cair

Sabun cuci cair biasanya mengandung cleaner terlalu tinggi sehingga kotoran yang menempel memang bersih akan tetapi proteksi cat bawaan pabrik seperti (wax, sealant, coating bahkan sejenisnya juga ikut terangkut. Kandungan didalamnya juga tinggi sehingga membuat waterspot atau seperti jamur kaca tidak terangkut dengan lap pembersih.

  1. Sabun colek dan deterjen

Sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras bersifat korosif yang tentu bisa merusak lapisan cat yang ada pada body motor apabila Anda gunakan pada body motor. Selain itu, sabun colek bisa meninggalkan noda putih yang dapat membekas di motor Anda.

Ada baiknya gunakan shampoo khusus kendaraan, bisa menggunakan shampo motor dan shampoo mobil juga karena di shampoo mobil biasanya sudah ada semacam pelembab berupa wax carnauba, polimers dan semacamnya. Efeknya melembabkan atau melapisi permukaan yang sudah bersih tadi agar tidak menyebabkan kusam.

Bukan berarti sabun cair, sabun colek dan detergen tidak bisa digunakan. Sabun cair, sabun colek atau deterjen diperbolehkan untuk digunakan mencuci di beberapa komponen motor seperti ban, velg maupun pada bagian mesin, Karena deterjen maupun sabun colek dapat bekerja dengan baik melawan noda seperti lumpur, oli, minyak, dan lain-lain. Sedangkan shampoo dapat digunakan pada body motor dan mobil.

whatsapp