Boleh Gak Oli Motor Matic di Gunakan Pada Motor Manual ?

Boleh Gak Oli Motor Matic di Gunakan Pada Motor Manual ?

Pertanyaan ini pasti muncul ketika anda sedang berada diposisi terdesak ketika mengganti oli lantaran oli matic yang digunakan habis dan hanya tersedia oli untuk mesin motor manual. Coba baca penjelasan berikut ya.
Dalam per OLI an sepeda motor ada dikenal istilah berikut :
– JASO (Japanese Automotive Standards Organization) membagi oli mesin sepeda motor menjadi dua:
1. JASO MA – oli mesin untuk sepeda motor dengan transmisi manual, dan
2. JASO MB – oli mesin untuk sepeda motor dengan transmisi otomatis. Letak perbedaannya dimana sih ?
JASO MA lebih cocok digunakan untuk motor manual dengan kopling basah. Sementara JASO MB lebih cocok digunakan untuk motor matic dengan kopling yang kering.

Motor manual Anda memiliki kopling yang basah, disebut basah karena kopling tersebut terendam dengan oli. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kampas kopling tetap dingin. Sementara itu, motor matic memiliki kopling yang kering, yang berarti kampas kopling tidak terendam oli. Maka dari itu yang akan terjadi apabila oli JASO MB (motor matic) digunakan di motor dengan kopling basah adalah terjadinya slip pada kopling yang tentu berbahaya bagi Anda.

Kesimpulannya, sebaiknya motor dengan transmisi manual disarankan tidak menggunakan oli mesin yang dirancang khusus untuk motor dengan transmisi otomatis. Kendaraan bermotor dengan transmisi manual di Indonesia biasanya memiliki kopling basah dan motor dengan transmisi otomatis memiliki kopling yang kering. Oli motor yang dipakai untuk mesin matic dirancang khusus untuk motor kopling kering, sehingga jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan mengalami selip. (https://www.deltalube.com)

Dapatkan oli kixx disini

whatsapp