Buat Disinfektan Sendiri Untuk MotorMu

Menjaga kendaraan agar tetap steril dari kuman dan bakteri  menjadi hal yang penting di tengah penyebaran virus belakangan ini.

 

Pasalnya, motor memiliki bagian yang sering disentuh oleh tubuh kita sehingga rawan terpapar bakteri ataupun virus.

 

Contohnya saat kita mengendarai motor, tangan kita pasti memegang bagian handgrip, setang, sampai saklar-saklar.

 

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan cara membuat cairan disinfektan sendiri.

 

Ada beberapa larutan yang bisa dicampurkan dalam pembuatan cairan disinfektan, yakni sebagai berikut. – Bleaching (Pemutih) diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air. – Karbol diencerkan dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air. – Pembersih Lantai diencerkan dengan takaran 1 tutup botol per 5 liter air. – Larutan alkohol 70 persen, atau disinfektan rumah tangga terdaftar. – Hydrogen Peroxide diencerkan sesuai takaran petunjuk penggunaan dalam kemasan.

 

Sebelum menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian kendaraan yang sering tersentuh, pastikan kondisinya dalam keadaan bersih (tidak berdebu). Setelah itu, barulah menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian-bagian kendaraan lainnya yang juga sering tersentuh tangan.Perlu diketahui, sebelum membersihkan permukaan benda menggunakan cairan disinfektan, ada baiknya untuk selalu menggunakan sarung tangan atau alat pelindung diri (APD). Pasalnya, ada beberapa cairan disinfektan  yang memiliki kandungan alkohol atau bahan kimia yang bisa menimbulkan iritasi kulit, iritasi mata, bahkan gangguan pernapasan.

 

#disinfektan #cara #membuat

#swarnabumimotor #olikixx #kixxoil #kixx #kixxlube #kixxindonesia #mobil #otomotif #motor #toyota #car #automatic #transmission #honda #indonesia #olimobil #mobilbekas #jualmobil #jualbelimobil #bengkel #automotive #bengkelmobil #modifikasimobil #jambi #jambipunyo

whatsapp